Minggu, 13 November 2011

Tips Membuat CSS

1. Memberi Jarak yang Tepat
Berilah jarak indentasi saat menuliskan properti CSS, pisahkan antara properti CSS yang satu dengan yang lainya bila memang propertinya banyak. Pemberian jarak akan membuat kode CSS terorganisasi dengan baik sehingga mudah untuk menemukan properti yang kita cari. Bayangkan bila menuliskan CSS seperti sebuah paragraph cerita pendek dan memiliki 500 baris kode tentu mata kita akan tegang dan pusing saat menelusuri kode.


2. Penulisan Kode Secara Singkat
penulisan yang pendek akan mempercepat proses penulisan kode, selain itu juga akan mempercepat tingkat cluster dalam css sehingga bisa lebih cepat juga di render oleh browser.


3. Lakukan CSS Dengan Benar
Anda tidak boleh membuat file CSS sebelum anda selesai melakukan markup terhadap HTML anda. Buatlah dulu keseluruhan markup di HTML mulai dari kepala sampai kaki. CSS tidak bernilai sama sekali tanpa format Dokumen HTML yang baik.


4. Membuat Comment
membuat comment di setiap bagian pengerjaan adalah hal yang baik untuk membuat penulisan kita tetap bersih dan terorganisir dengan baik. ini juga membantu anda untuk mempermudah penelusuran kode.


5. Menulis Secara Terstruktur
sepertihalnya menggambar manusia anda akan menggambar kepalanya dahulu sebelum menggambar kaki, begitu juga dalam menuliskan kode sebaiknya anda mulai dari kepala HTML (header) terstruktur hingga bagian kaki (Footer). Penulisan kode secara tidak terstruktur akan memusingkan anda sendiri.


6. Hapus Kode Tak Terpakai
Mungkin saat menuliskan kode banyak atribut Class dan ID yang tidak jadi dipakai, buanglah segera semua atribut class dan ID yang tidak terpakai atau pisahkan dalam file referensi yang berbeda. Apabila anda belakangan ingin merubah CSS anda, anda tidak akan di pusingkan dengan banyaknya atribut class dan ID yang sudah tidak digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar