Minggu, 13 November 2011

Langkah - Langkah Perancangan Web

1. Tentukan  Nama Domain.
Anda memerlukan sebuah nama/alamat untuk website yang anda buat, agar orang lain bisa mengenali dan mengaksesnya. Misalnya untuk akhiran .com, .net, .org harganya berkisar Rp.75 ribu hingga Rp. 100 ribu


2. Struktur Website.
Kemudian tentukan halaman-halaman apa saja yang ditampilkan pada web anda dan hubungannya antara satu halaman dengan halaman yang lain saling terhubung. Misalnya homepage berada pada Top Level/First Leve, kemudian pada halaman selanjutnya berupa Second Level yang bisa berupa halaman About Us,Service,Product dan lain sebagainya.


3.Konten pada Web.
Konten pada web biasanya bisa berupa text,image,animasi. Konten ini akan dimasukan ke dalam desain tampilan website nantinya.

4.Desain Tampilan.
Agar web anda menarik, anda perlu men-desain terlebih dahulu tampilannya. Anda bisa mengatur tata letak text, link atau navigasi untuk menuju ke halaman-halaman lain yang telah anda buat strukturnya tadi. Biasanya tugas ini dilakukan oleh web desingner.

5. Mempublish Web ke Internet.
Tujuan mempublish web ke internet adalah agar web anda dapat disiarkan kepada semua orang, memberi informasi yang bermanfaat tentunya. Langkah terakhir adalah setelah website anda jadi adalah menaruhnya di sebuah komputer server yang beroperasi 24 , anda tidak perlu bingung menyiapkan komputer server ini. Provider-provider web hosting biasanya telah menyediakan paket-paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Anda tinggal pilih salah satu. Jika web hosting asudah aktif anda bisa memulai untuk meng-upload lewat FTP dengan menggunakan account yang telah diberikan oleh provider web hsoting tempat anda berlangganan.

3 komentar:

  1. kita juga punya nih artikel mengenai Perancangan web, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2433/1/03-02-013.pdf
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. Artikel singkat tentang "Langkah - Langkah Perancangan Web" ini sangat bagus dan bermanfaat bagi pemula seperti saya...
    Dengan adanya Artikel singkat ini, saya jadi lebih mengerti, langkah-langkah apa yang harus saya kerjakan sebelum saya membuat Perancangan Web.
    Terima Kasih Agan karena sudah memuat Artikel singkat ini...
    Semoga yang merasakan manfaat dari Artikel ini, bukan cuma saya, tapi semua para pemula...
    Semoga juga, Ilmunya Agan akan terus bertambah dengan membagikan Artikel ini kepada semua orang...
    Salam Sukse Gan...



    Jangan lupa Kunjungi website kampus saya:
    http://www.atmaluhur.ac.id

    Dan kunjungi juga website saya :
    http://leniyasin.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. ooooo berarti ada 5 tahap ya admin langkah2 perancangan web,artikel singkat ini membuat saya lebih mudah belajar perancangan web ini,karna sebelum membaca artikel ini saya sedikit kebingungan mmembuatnya,dan sebelumnya sayan selalu membuat dengan puluhan langkah yang membuat saya bingung sendiri..thanks admin

    Jangan lupa Kunjungi website kampus saya:
    http://www.atmaluhur.ac.id

    Dan kunjungi juga website saya :
    http://akbarfitriansyah.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus